03 Mei, 2010

Memilih Pekerjaan yang Cocok

Di Facebook, belakangan saya sering menemukan kuis tentang pekerjaan apa yang cocok untuk kita. Beberapa kali saya ikutan juga. Ada yang sesuai ada yang tidak sih. Dan, nampaknya teman-teman saya juga kerap menjalani kuis serupa.
Jadi, sepertinya, masih banyak orang yang tak tahu atau tidak yakin akan pekerjaannya, cocok atau tidak.
Apa saja sih indikator apakah pekerjaan yang kita jalani itu cocok atau tidak?
Saya sendiri selalu mendengarkan kata hati. Apakah saya bahagia saat melakukan pekerjaan tersebut? Apakah hati saya selalu mengeluhkannya?

Ingat ya, semua itu tak ada hubungannya dengan situasi kantor, melainkan benar-benar melihat kepada pekerjaan itu sendiri.
Langkah apa sajakah yang perlu kita lakukan sebelum memilih sebuah pekerjaan yang cocok?

* Kenali minat dan bakat. Kedengarannya seperti anak SMA yang sedang memilih jurusan ya? Tapi, memang begitu adanya. Jika kita tidak berminat, melakukan pekerjaan hanya akan menjadi beban. Dan, jika tidak sesuai bakat, mungkin kita sulit berprestasi dalam bidang tersebut.
* Cari tahu apa saja job description yang menjadi tanggung jawab kita. Biasanya perusahaan sudah menjelaskan apa-apa saja yang menjadi tugas pegawai yang dicarinya pada lowongan ya ia sebar. Teliti satu per satu. Apakah kira-kira kita mampu menjalankannya atau minimal mau belajar lebih lanjut untuk dapat mengerjakannya.
* Jangan asal tabrak. Semua lowongan yang terdapat di koran atau di internet dilamar. Padahal, bukan hanya tidak tahu apa yang harus dikerjakan atau tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini hanya membuang waktu.
* Kenali kualitas diri. Jika Anda bukan orang yang teliti, jangan ambil pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Bisa-bisa nanti stres sendiri. Jika Anda bukan orang yang kreatif, jangan nekat mengambil pekerjaan yang membutuhkan kreativitas. Jika Anda bukan orang yang mobile, jangan coba-coba mengambil pekerjaan yang mengharuskan Anda banyak bergerak atau mengunjungi banyak tempat.

Intinya, sebelum mendapatkan pekerjaan yang cocok, kenali diri sendiri terlebih dulu. Yang paling tahu cocok atau tidaknya kita akan suatu pekerjaan adalah diri kita sendiri, bukan kuis-kuis tersebut. Tapi, saya sih cukup sering ikut kuis serupa, untuk bersenang-senang.

0 comments:

 

blogger templates | Make Money Online