11 Desember, 2009

Stop Dreaming Start Action, Aktualisasikan Dirimu!!!

Aktualisasi diri melalui komitmen hidup Stop Dreaming Start Action

Bayangkan dunia tanpa impian, the world without dreams. Maka yang terjadi adalah kehampaan dan hilangnya daya penggerak kehidupan manusia. Manusia ibarat robot yang hanya bergerak dan berjalan sesuai program. Namun kalau dunia hanya dipenuhi dengan impian, maka ibaratnya buih di lautan, tidak berarti dan akan segera sirna tanpa jejak. Karena itu haruslah ada kombinasi dan kesinambungan antara bermimpi dan bertindak.

Dream dan Action haruslah sejalan dan terus berputar, ketika kita sudah mulai banyak bermimpi maka Stop Dreaming Start Action sehingga apa yang diimpikan dapat menjadi kenyataan.

Kita melakukan apa yang harus dilakukan, bekerja untuk mencari nafkah, belajar agar memperoleh pekerjaan yang layak mengisi lowongan kerja yang diidam-idamkan pada perusahaan besar, berkualitas, bergaji tinggi dan memiliki tunjangan besar. Namun apa yang kita peroleh, terjebak dalam lingkaran waktu dan aktivitas yang tiada henti. Lalu kemana perginya mimpi-mimpi kita saat kecil. Sudahkan mimpi itu terwujud, sudahkah kebahagiaan yang kita peroleh melalui mimpi itu? Atau jangan-jangan kita memang tidak memiliki mimpi (dream)?

Saya banyak belajar melalui film-film animasi yang katanya penuh kekerasan dan tidak baik buat perkembangan anak seperti NARUTO dan ONE PIECE. Kita ambil contoh karakter NARUTO, ia seorang DREAMER sejati. Bayangkan saja, kemampuan tidak seberapa namun ingin menjadi Ninja Tertinggi di desanya. Apakah itu mustahil? Tentu tidak karena NARUTO tidak hanya bermimpi namun juga Start Action. Ia berlatih sepenuh hati dan dengan kesungguhan luar biasa. Ia tetapkan target dan berusaha hingga targetnya tercapai, tidak kenal lelah dan pantang menyerah. Walaupun ia tidak termasuk dalam kategori JENIUS, namun ia melakukan apa yang mampu ia lakukan mulai dari hal kecil dan setahap demi setahap.

Begitu pula dengan LUFFY dalam film ONE PIECE, ia bermimpi untuk menjadi RAJA BAJAK LAUT. Seorang anak kampung bermimpi menjadi RAJA apakah mungkin? Tentu tidak mungkin kalau hanya bermimpi atau Just Dreaming. Namun akan berbeda hasilnya ketika mimpi itu diwujudkan dalam bentuk nyata yaitu ACTION. Karena itu START ACTION menjadi kunci kesuksesan. Hal ini diwujudkan oleh LUFFY dengan memulai perjalanan sebagai seorang bajak laut dan tanpa kenal lelah memperjuangkan tahap demi tahap perjalanannya menuju impian sebagai RAJA BAJAK LAUT.

Lalu bagaimana dengan kita?
Saya yakin banyak di antara kita yang memiliki impian dan cita-cita setinggi langit. Seperti pepatah yang seringkali dicamkan para orang tua dan guru kita ketika kecil ”Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit”. Impian (dream) merupakan kumpulan energi dan kompas dalam mengarungi kehidupan. Ia dapat menjadi penggerak dan pendorong dan juga sebagai penentu arah dalam mengejar cita-cita. Ketika seorang anak menetapkan bahwa ia ingin menjadi seorang PRESIDEN maka ia menentukan arah perjalanan hidupnya dan ketika ia lelah berjalan, mimpi ini akan memberikan energi padanya guna bangkit dan kembali berjuang.

Sudahkah kita punya mimpi?
Kalau sudah apakah cukup dengan bermimpi? Jawabannya tidak, DREAM tanpa ACTION ibarat buih di lautan yang akan menghilang tanpa jejak. Karena itu tahap selanjutnya adalah bertindak. Seperti kampanye yang sedang diusung oleh Joko Susilo, Stop Dreaming Start Action. Ketika kita bertindak maka ibaratnya kita telah memulai pembangunan mimpi kita dengan meletakkan batu pertama, sekecil apapun tindakan yang kita ambil tentu akan berkontribusi nyata. Tindakan kita hari ini akan membawa kita pada apa yang akan diperoleh esok hari. Tidak ada orang yang menjadi sukses dan besar hanya dengan bermimpi.

Akan menjadi apa dan siapa diri kita sangat ditentukan oleh apa yang kita lakukan bukan apa yang kita impikan. Marilah kita rajut mimpi-mimpi kita dengan berbuat secara nyata dan membuang keraguan dalam hati kita. Lakukan apa yang bisa kita lakukan saat ini. STOP DREAMING START ACTION.

0 comments:

 

blogger templates | Make Money Online